Press "Enter" to skip to content

12 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Hits dan Instagramable

Banjarmasin sangat menarik dengan segenap panorama indahnya. Beragam destinasi wisatanya sangat pas sebagai tempat berlibur bersama. Momen liburan akan sangat berkesan jika berkunjung ke kota istimewa ini. Kamu bisa memperoleh suasana liburan berbeda yang tentunya seru dan asik. Ingin tahu seperti apa keistimewaan destinasinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Tempat Wisata di Banjarmasin Bernuansa Alam

Alam nan hijau masih sangat terjaga di wilayah Banjarmasin. Banyak di antaranya yang tersohor sebagai objek wisata alam yang mengagumkan. Ketenangan hati dan pikiran serta pengalaman baru bisa diperoleh ketika berkunjung ke aneka objek wisata di Banjarmasin yang tentunya hits dan instagramable. Untuk menjelajah alam, kamu bisa berkunjung ke beberapa objek ini.

1. Pulau Kembang

@jml_syarif

Pulau yang satu ini menjadi primadona yang tak pernah sepi pengunjung. Sebenarnya, Pulau Kembang adalah delta yang terbentuk secara alami dan kini dihuni oleh kawanan kera. Pulau ini masih ditumbuhi pepohonan rimbun dan semak belukar, sehingga masih asli sebagai habitat kera. Karenanya, pulau ini dijadikan tempat konservasi kera ekor panjang dan bekantan.

Selain bisa berkenalan dan berfoto bersama kera yang memang sudah jinak, kamu bisa berfoto di area mangrove yang tentunya instagramworthy. Kamu bisa mengabadikan semua momen unik di pulau ini.

2. Danau Biru Cempaka

@ceritabanjar

Liburan ke danau juga menjadi tujuan mengasyikkan. Panorama Danau Biru Cempaka di Banjarmasin sangat memukau. Danau ini sudah terkenal dengan air birunya yang cantik dikelilingi pepohonan hijau dan semak belukar.

Danau yang letaknya tidak jauh dari jalan raya Trans Kalimantan ini juga sangat unik dengan tanahnya yang berwarna merah. Hal ini memberikan warna kontras antara tanah dengan air danau yang jernih dengan warna birunya. Kamu bisa menenangkan hati dan pikiran ketika menyaksikan pemandangan indah di area danau biru yang satu ini.

3. Danau Caramin

 

Wisata alam memang membuat siapapun betah menikmatinya. Setelah danau biru, kamu dapat menikmati keindahan Danau Caramin yang tak kalah cantiknya. Danau yang terbentuk dari bekas tambang pasir ini cukup luas dengan keindahan alamnya yang asri. Bahkan, danau ini dikenal dengan nama Danau Cinta karena banyak spot lambang cinta di area danau.

Pengunjung sangat antusias mengabadikan momen di berbagai spot foto yang dihias sangat cantik itu. Mulai dari ujung jembatan yang berbentuk cinta sampai lambang cinta yang tertanam di darat, sangat memukau untuk mengabadikan momen liburan, terlebih ketika senja. Spot lainnya juga sangat menarik untuk diabadikan. Pokoknya, worthy banget, deh.

4. Bukit Rimpi Pelaihari

@beautifuldestinationsindonesia

Bukit Rimpi Pelaihari ini menyerupai bukit Teletubbies yang ada di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Keduanya memang tampak seperti bukit yang ada di kartun Teletubbies sewaktu kecil dulu. Jika memandang luas ke wilayah bukit, tampak pemandangan hijau membentang dan tinggi menjulang.

Meskipun tidak ada gunung berapi, namun Banjarmasin menyimpan bukit indah ala New Zealand yang tentunya menghijau sepanjang tahun. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau karena bisa ditempuh dari Kota Banjarmasin lewat jalan Trans Kalimantan. Setelah sampai di lokasi ini, dijamin kamu akan betah dan tak mau meninggalkan keindahan ini.

5. Bukit Matang Kaladan

@klikpromote

Panorama bukit berikutnya yang memanjakan mata adalah Bukit Matang Kalidan. Kawasan perbukitan ini terletak di puncak Hutan Tahura. Di sini, kamu dapat menyaksikan panorama hutan serta danau yang dilengkapi pulau-pulau unik di tengahnya. Di wilayah ini, terdapat aneka spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan bukit hijau.

6. Sungai Amandit

blog.reddoorz.com

Setelah puas mengunjungi bukit, kamu bisa menjelajahi Sungai Amandit dengan cara rafting. Olahraga rafting ini dapat menguji adrenalinmu karena sangat menantang. Bagaimana tidak, rafting ini berbeda dengan pada umumnya yaitu menggunakan sampan bambu. Untuk sampai ke Sungai Amandit ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 4 jam dari pusat Kota Banjarmasin.

Setiap sampan bambu bisa diisi oleh tiga penumpang dan satu orang sebagai pemandu. Kamu dapat menyusuri Sungai Amandit kurang lebih selama 2-3 jam. Meski demikian, perjalanan menegangkan sesekali sangat mengagumkan karena disuguhi pemandangan area sungai yang menakjubkan. Kamu juga dapat melihat Desa Tanuhi yang asri dan ditinggali oleh Suku Dayak.

7. Air Terjun Bajuin

@klikpromote

Air Terjun Bajuin merupakan destinasi wisata yang sangat tersohor karena panoramanya. Suasana di sana masih sangat nyaman, tenang, dan sejuk karena masih asri. Airnya juga masih sangat jernih dan mengalir deras.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Bajuin, kamu harus menyusuri lereng Pegunungan Meratus di Desa Sungai Baka. Meski demikian, perjuangan terbayarkan setelah menyaksikan panorama air terjun yang elok tiada tara. Kamu juga dapat menemukan aneka jenis flora dan fauna, di antaranya anggrek hutan, bunga bangkai, dan burung.

8. Pantai Jodoh Banjarmasin

@immawati_ekkyrusmalina

Sebuah pantai yang menarik perhatian adalah Pantai Jodoh. Selain namanya yang bikin gagal fokus, pemandangan yang disuguhkan, terlebih saat sunrise dan sunset, seakan membius setiap mata yang memandang.

Kamu dapat melepas penat dengan bersantai di sana. Deburan ombak dan semilir angin bisa dirasakan. Di sepanjang tepian pantai, terdapat banyak tempat untuk duduk dan juga berwisata kuliner. Banyak konter makanan sudah berjajar di sana.

Tempat Wisata di Banjarmasin yang Bersejarah

Liburan di Banjarmasin akan jadi momen berkesan untukmu jika mengenal lebih dalam Kota Banjarmasin. Nilai sejarah di kota ini sangatlah banyak. Beragam destinasi wisata berupa museum dan masjid menjadi bukti adanya perjuangan di masa lampau. Kisah sejarah yang sarat makna bisa kamu ketahui untuk menambah ilmu pengetahuan dan juga kecintaan pada Indonesia.

1. Masjid Sultan Suriansyah

Salah satu masjid terkenal di Banjarmasin adalah Masjid Sultan Suriansyah. Belum lengkap rasanya ketika kamu belum berkunjung ke masjid yang satu ini. Tak hanya menjadi salah satu lokasi wisata sejarah dan religi, masjid ini masih menjadi pusat kegiatan keagamaan masyarakat Islam di Banjarmasin.

Sesuai dengan namanya, masjid serba hijau dengan arsitekturnya yang unik ini dibuat pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah. Beliau merupakan raja pertama Kerajaan Banjar dan memang memeluk agama Islam. Beliau juga aktif mengajarkan agama Islam di kawasan Banjarmasin. Karenanya, masjid ini sangat bersejarah, terutama bagi masyarakat Islam di area tepi Sungai Kuin.

2. Masjid Sabilal Muhtadin

@journey.to.the.masjid.id

Kemegahan Masjid Sabilal Muhtadin sudah sangat tersohor di kawasan Banjarmasin dan wilayah di sekitarnya. Masjid ini punya halaman yang luas dan bangunan yang kokoh. Desain eksterior dan interiornya yang sangat menakjubkan, mampu membius siapapun yang mengunjunginya. Masjid terbesar di Kota Banjarmasin ini mampu menampung sampai 15.000 jamaah.

Selain berfungsi sebagai masjid, bangunan di pusat kota ini juga difungsikan sebagai kantor MUI Kalimantan Selatan. Berdasarkan sejarah, nama masjid ini diambil dari nama seorang ulama besar di Kota Banjarmasin yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Menurut sejarah, masjid ini aktif digunakan sebagai tempat beribadah dan pusat aktivitas keagamaan.

3. Museum Wasaka

khoirul.n.mustaqim

Kunjungan bersejarah berikutnya adalah Museum Wasaka. Dinamakan Wasaka (Waja Sampai Kaputing) karena merupakan moto perjuangan warga di Kalimantan Selatan. Di museum ini, kamu dapat menjumpai aneka benda serta koleksi bersejarah yang terdiri atas seragam perjuangan, foto, senjata api, mesin ketik, dan sebagainya.

Senjata api tersebut merupakan senjata rampasan para pejuang yang berperang melawan Belanda saat masa penjajahan. Selain menyimpan benda bersejarah, Museum Wasaka juga punya arsitektur unik khas Banjarmasin dan area di sekitarnya yang indah.

4. Museum Lambung Mangkurat

@muslamofficial

Bangunan bersejarah berikutnya adalah Museum Lambung Mangkurat yang berlokasi di Kota Banjarbaru. Museum ini juga sangat unik dengan bangunan klasik modern. Bangunan yang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah ini masih terawat, sehingga mampu berdiri kokoh sampai saat ini. Di museum ini, kamu bisa belajar banyak sejarah dan budaya masyarakat Banjar.

Tertarik berkunjung ke Banjarmasin? Yuk liburan bersama tim Aldi Rental jasa sewa mobil Banjarmasin agar pengalaman berwisatamu di banua semakin seru dan menyenangkan

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: