Press "Enter" to skip to content

3 Alat Dapur Tradisional Melegenda

Alat Dapur Tradisional – Manusia kini semakin dimudahkan dengan aneka teknologi yang mereka kembangkan. Perkembangan teknologi kerap membuat kita lupa bahwa kita juga memiliki alat tradisional yang juga memberikan hasil olahan produk yang berkualitas.

Dalam hal masak memasak, hal ini menjadi hal yang sangat berpengaruh terutama terhadap citarasa masakan. Memasak dengan alat dapur tradisional (rustic kitchen furniture) dapat memberikan citarasa masakan yang berbeda dibandingkan masakan dengan alat modern seperti saat ini.

Alat dapur yang masih tradisional biasanya memiliki bentuk tersendiri sesuai dengan kegunaannya. Beberapa alat tradisional kadang hanya ada di daerah tertentu saja dan tidak ada di daerah lainnya. Beberapa memiliki alat tradisional sama namun memiliki nama yang berbeda.

Alat Dapur Tradisional Untuk Menanak Nasi

Alat Dapur Tradisional Untuk Menanak Nasi

Nasi kini dapat dengan mudah dimasak menggunakan rice cooker. Cukup cuci beras, tambahkan air, masukan dalam rice cooker, dan pencet tombolnya, nasi akan matang dalam hitungan menit saja. Namun, siapa sangka untuk memasak nasi dengan alat tradisional kerap membutuhkan waktu yang lebih lama.

Walaupun demikian, rasa nasi yang dihasilkan akan jauh lebih nikmat dengan proses pemasakan tradisional. Lalu, alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat nasi secara tradisional? Alat yang pertama adalah dandang yang merupakan panci dengan bentuk unik.

Mulut bagian atasnya berbentuk corong untuk meletakan kukusan. Kukusan adalah alat yang terbuat dari bambu yang dianyam. Sekilas, alat ini berbentuk seperti caping namun jauh lebih lentur. Penggunaannya diletakkan diatas dandang. Akan lebih nikmat jika nasi dimasak di atas tungku karena akan ada aroma asap yang turut dalam nasi yang matang.

Alat Dapur Tradisional untuk Menjemur dan Membersihkan Bijian

Alat Dapur Tradisional untuk Menjemur dan Membersihkan Bijian

Kini, kita dapat dengan mudah menemukan beras dan aneka bijian yang sudah bersih dari kotoran yang mengganggu. Supermarket menawarkan beras dengan aneka kualitas yang tentunya sudah bersih dari gabah.

Saat Anda ingin membeli jagung pipil kering atau biji kacang hijau, ada tidak perlu repot membuang kotorannya karena sudah tersedia bijian bersih. Namun, ada lho alat tradisional yang digunakan untuk membersihkan bijian dan beras. Alat ini bernama tampah.

Berbentuk lingkaran sempurna, alat yang terbuat dari bambu yang dianyam ini membutuhkan skill khusus untuk menggunakannya. Untuk dapat memisahkan biji atau beras dari kotoran yang lebih ringan seperti kulit ari, merang, dan sebagainya, kita harus mengayunkan tampah tersebut dengan teknik tertentu.

Selain untuk membersihkan bijian dan beras, tampah juga digunakan sebagai tempat menjemur kerupuk dan berbagai bahan lainnya saat matahari sedang terik.

Alat Dapur Tradisional untuk Memasak

Alat Dapur Tradisional untuk Memasak

Jika Anda sudah sering melihat seperti apa tungku yang digunakan untuk memasak, tahukah Anda jika ada satu alat lagi yang juga bisa digunakan untuk memasak? Namanya anglo, sebuah ‘kompor’ tradisional yang terbuat dari bahan tanah liat.

Adapun bahan bakar yang digunakan biasanya adalah kayu bakar dan arang. Jika Anda suka membeli serapi, beberapa penjual serabi tradisional masih menggunakan anglo sebagai kompornya. Mungkin Anda masih cukup mudah menemukan penjual serabi dengan anglo di yogyakarta dan di berbagai daerah di pulau jawa.

Alat dapur tradisional di atas adalah alat dapur yang sebenarnya, hingga saat ini masih dapat ditemukan dan masih digunakan masyarakat tertentu. Namun, keberadaannya makin jarang karena sudah banyak teknologi modern yang menggerus alat tradisional ini secara perlahan. Selain itu, kebutuhan manusia yang ingin serba cepat dan praktis juga menjadi alasannya.

sumber: tibuku.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: