Press "Enter" to skip to content

Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Bahaya narkoba memang sudah tidak diragukan lagi. Walau demikian, kasus penyalahgunaan obat justru makin marak terjadi di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Masyarakat umumnya mengenal obat-obatan terlarang ini dengan sebutan narkoba, yaitu singkatan dari narkotika dan psikotropika.

Banyak pengguna narkoba yang awalnya tergoda untuk merasakan kesenangan sesaat atau pelarian dari aneka masalah yang mereka hadapi. Padahal, efek dari narkoba ini sangatlah berbahaya karena dapat merusak kesehatan fisik serta mental.

Kita harus paham apa saja bahaya dari penyalahgunaan narkoba ini sebagai salah satu cara membentengi diri dari pengaruh buruknya. Berikut adalah beberapa bahayanya menggunakan narkoba.

Bahaya Narkoba Bagi Fisik dan Mental

waspadai narkoba
inspiradata.com

Seperti halnya dua sisi mata uang, obat juga bisa bermanfaat sekaligus membahayakan tubuh. Apabila obat digunakan sesuai dosis dan di bawah pengawasan dokter, maka penggunaannya akan efektif bagi kesembuhan penyakit yang diderita.

Namun, obat-obatan juga dapat menimbulkan dampak negatif apabila disalahgunakan, di antaranya dengan cara mengonsumsi tanpa pengawasan dokter serta didasari tujuan tidak tepat. Itulah mengapa ada beberapa jenis obat yang hanya bisa dikonsumsi apabila dianjurkan oleh dokter.

Penyalahgunaan obat-obatan akan dapat berdampak pada gangguan kesehatan. Bahaya narkoba ini terutama akan dapat semakin menumpuk jika dibiarkan terlalu lama. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Mengganggu Kondisi Otak dan Tubuh

Bahaya narkoba yang pertama ialah mengganggu kondisi tubuh serta otak secara umum. Narkoba akan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalani hidup sehat serta mengambil keputusan yang tepat. Pengaruh obat-obatan ini akan bisa dalam jangka panjang.

2. Perubahan Sel Saraf di Dalam Otak

Konsumsi narkoba dalam jangka panjang akan bisa memicu perubahan sel saraf di dalam otak, yang mengganggu komunikasi di antara sel saraf. Bahkan, apabila konsumsi dihentikan, efek itu masih akan makan waktu tidak sebentar agar bisa sepenuhnya hilang.

3. Dehidrasi

Bahaya narkoba terutama dari jenis ekstasi, ialah menyebabkan dehidrasi serta ketidakseimbangan pada elektrolit. Hal ini akan membuat penggunanya mengalami serangkaian gejala seperti serangan panik, kejang-kejang, sakit di bagian dada, halusinasi serta perilaku yang agresif.

Apabila digunakan pada jangka panjang, maka ekstasi akan dapat merusak otak.

4. Hilang Ingatan dan Bingung

hilang ingatan
4.bp.blogspot.com

Golongan obat-obatan dari jenis rohypnol serta asam gamma-hidroksibutirat akan bisa membuat efek kebingungan, sedatif, perubahan perilaku, kehilangan ingatan, menurunnya tingkat kesadaran serta koordinasi tubuh yang terganggu.

5. Halusinasi

Penggunaan ganja atau marijuana akan bisa menyebabkan efek samping seperti muntah, halusinasi, peningkatan denyut nadi dan tekanan darah, kebingungan, gangguan kecemasan serta paranoia. Efek jangka panjangnya adalah gangguan mental serta depresi.

6. Kejang-kejang dan Kematian

Bahaya narkoba yang final ialah kejang-kejang, perilaku psikotik hingga kematian yang diakibatkan overdosis. Bahaya ini terutama karena penyalahgunaan metamfetamin atau sabu-sabu, kokain serta opium.

Penggunaan obat-obatan terlarang harus dihentikan. Tanda-tanda yang mungkin muncul harus dikenali pada pengguna obat-obatan terlarang. Makin cepat pengguna mendapat pertolongan, maka akan makin cepat juga proses penyembuhannya. Konsultasikan pada dokter yang secara khusus menangani kasus kecanduan obat.

Pertolongan darurat juga penting didapat apabila diri sendiri atau orang yang dikenal mengonsumsi obat-obatan terlarang atau mengalami hal-hal seperti kesulitan bernapas, terasa tekanan atau sakit di daerah dada, gangguan fisik maupun psikologis pasca penggunaan obat maupun kemungkinan overdosis.

Proses pemulihan akan makan waktu, namun lebih cepat akan lebih baik.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: