Press "Enter" to skip to content

Tips & Trik Pemula Untuk Belajar Berenang

Belajar Berenang – Selain olahraga yang bagus, berenang juga punya manfaat besar dalam kehidupan. Ada banyak gaya dalam berenang seperti gaya katak, gaya bebas, dan gaya kupu-kupu. Tapi harus diakui, masih banyak banget orang yang gak bisa berenang. Alasannya mulai dari takut tenggelam sampai gak percaya dirinya bisa mengapung.
Berikut ini adalah tips dan triknya untuk kalian yang ingin belajar berenang.

1. Persiapan di kolam dangkal

Persiapan di kolam dangkal
pinterest.com

Pertama kali belajar renang kamu tak perlu langsung ke kolam yang dalam. Tak usah gengsi, masuklah ke kolam dangkal dan biasakan dirimu dengan air di sekitarmu.

Berjalan-jalan, duduk dalam air, rendam dirimu, gunakan kesempatan ini untuk membiasakan diri dengan air dan memahami seberapa mudahnya kamu mengapung.

Perlahan tapi pasti berusahalah untuk menuju kolam yang lebih dalam dengan permukaan air setinggi ketiak atau bahu. Banyak pemula yang secara alami takut terhadap air.

2. Latihan pernapasan

Sebelum mulai berenang pastikan sudah pemanasan dulu ya. Selanjutnya kalau sudah masuk kolam, hal pertama belajar renang untuk dewasa yang perlu dilakukan adalah mengatur napas dalam air.

Caranya, ambil napas yang panjang, lalu masukkan semua badan ke dalam kolam. Tahan napas sambil hitung (dalam hati) berapa detik kamu bisa menahan napas dalam air.

Dalam air usahakan bikin bubble ya (keluarkan napas sedikit demi sedikit melalui mulut atau hidung). Karena kalau menahan napas tanpa dikeluarin (bikin bubble), itu malah membuat kita cepat lelah.

Saat kamu menahan napas di dalam air masih kurang dari 10 detik, ulangi lagi hingga benar-benar napasnya lancar ya (sekitar 15-20 detik). Belajar napas ini penting, karena ketika kamu berenang, nggak cepat lelah.

3. Belajar mengapung

Belajar mengapung
pinterest.com

Berpenganganlah pada tepian kolam. Tarik napas dalam dan angkat kakimu naik sembari badanmu bersandar ke belakang. Berusahalah untuk mengapung, jangan tegang dan biarkan badanmu rileks, nanti tubuhmu akan mengapung dengan sendirinya.

Langkah ini memang butuh banyak percobaan. Berlatihlah terus sampai kamu bisa mengapung selama 15 sampai 30 detik. Perlahan tapi pasti berlatihlah tanpa berpegangan pada tepian kolam.

4. Gerakan Meluncur

Jika kamu sudah berhasil mengapung, maka lakukan gerakan meluncur agar sebagai awalan bergerak maju di air. Ikuti langkah ini:

  • Berdiri tegak, kedua lengan lurus ke atas dirapatkan
  • Bungkukkan tubuh ke depan, dada sampai mengenai permukaan air
  • Tolakkan salah satu kaki ke dinding tembok, meluncurlah selama mungkin, pertahankan sikap meluncur sampai berhenti dan nafas kamu habis
  • Ulangi latihan ini berulang kali sampai tubuhmu seimbang ketika meluncur, nggak miring ke kiri atau ke kanan

5. Gerakan Renang

Gerakan Renang

  • Setelah kamu mahir dalam latihan pernapasan, mengapung dan meluncur, selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah latihan gerakan berenang.
  • Tangan pegangan di dasar kolam, kemudian lakukan gerakan kaki ke atas dan ke bawah untuk gaya bebas.
    Usahakan cipratannya nggak terlalu banyak. Kemudian lakukan gerakan kaki membuka dan menutup untuk gaya dada.
  • Sandarkan badan pada dinding kolam, membungkuklah dan lakukan ayunan tangan seolah mendayung untuk gaya bebas. atau gerakan tangan membuka dan menutup untuk gaya dada.
  • Lakukan berulang-ulang sampai kamu benar-benar nyaman bisa melakukan gerakan ini di dalam air.

6. Praktik secara keseluruhan

Praktik secara keseluruhan

kalau kamu sudah bisa semua gerakan dasar berenang, ini saatnya kamu mempraktikannya!

  • Pertama-tama, lakukan awalan seperti gerakan meluncur, jangan lupa ambil nafas panjang.
  • Tolakkan kaki kamu dan meluncurlah, gerakkan kaki atau tangan secara perlahan membentuk gerakan berenang.
  • Jangan panik saat menggerakan badan, gerakkan badan sesuai gerakan renang gaya bebas ayunkan tangan seolah mendayung dan gerakan kaki ke atas dan ke bawah agar tubuh kamu bisa bergerak maju.
  • Saat kamu kehabisan nafas dalam air, keluarkan kepalamu di atas permukaan air secara perlahan, lalu ambil nafas menggunakan mulut, persis seperti yang kamu lakukan pada saat belajar pernapasan.
  • Pada awalnya memang kamu akan kesulitan untuk mengambil nafas, kamu akan kehilangan kendali dan sedikit takut untuk memulai berenang kembali.
  • Jangan menyerah, lakukan terus menerus sampai kamu nyaman bergerak dalam air.

Itulah tips singkat tentang cara belajar belajar berenang untuk pemula. Bagi anda yang masih merasa kesulitan belajar sendiri sebaiknya mengikuti les berenang yang banyak di tawarkan. Bahkan di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya ada pelatihan berenang secara profesional. Anda bisa menggunakan jasa travel surabaya ke kediri atau dari kota lain jika ingin mengikutinya.

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan bisa anda coba. Usahakan untuk tetap di dampingi untuk menjaga keselamatan anda.
thanks

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: