Press "Enter" to skip to content

Tips Memelihara Kura-Kura Untuk Pemula Biar Tetap Sehat

Cara Memelihara Kura-Kura – Kura-kura merupakan jenis reptile yang sekarang ini sangat digemari untuk dipelihara. Khsususnya kura-kura darat kecil seperti kura-kura brazil yang biasa di pelihara di kandang akuarium.

Nah, untuk kalian yang ingin memelihara kura-kura di rumah kalian, sebagai pemula berikut tips dan triknya.

1. Memilih Kura-Kura Yang Tepat

Memilih Kura-Kura Yang Tepat
hellosehat.com

Jangan pernah mengambil kura-kura secara langsung dari alam, karena hal ini merupakan tindakan yang dilarang. Anda dapat membeli kura-kura Anda melalui toko hewan peliharaan tepercaya di sekitar Anda.

Datangi toko hewan peliharaan yang berkualitas akan dapat memberikan Anda kura-kura yang baik, namun mungkin Anda tidak akan menemukan jenis yang Anda inginkan.

Oleh karena itu, tanyakanlah terlebih dahulu apakah mereka memiliki jenis kura-kura yang Anda inginkan atau tidak sebelum Anda pergi kesana. Anda juga dapat membeli jenis kura-kura yang Anda inginkan secara daring melalui perkumpulan pecinta kura-kura.

2. Perlengkapan dan kandang

Kandang yang baik bagi kura-kura adalah kandang yang dibentuk sedemikian rupa untuk memastikan keamanan dan harus dilengkapi dengan kolam. Inilah beberapa tips untuk membuat kandang kura-kura anda.

  • Pastikan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kandang bersifat aman dan tidak beracun. Seluruh permukaan kandang juga perlu dihaluskan agar tidak melukai tubuh kura-kura.
  • Ukuran kandang perlu disesuaikan dengan jumlah, jenis, dan postur kura-kura yang ingin dipelihara. Wilayah di dalam kandang dibagi menjadi dua bagian yaitu 1/3 daratan dan 2/3 perairan.
  • Area daratan perlu dilengkapi dengan pasir, bebatuan, dan tanaman. Sedangkan lingkungan kolamnya diisi dengan air bersih lalu diisi dengan kayu sebagai mainan kura-kura.
  • Anakan kura-kura yang berumur kurang dari seminggu tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam kandang. Anakan tersebut perlu dirawat terlebih dahulu di akuarium sampai kondisinya stabil.
  • Gunakan air yang kebersihanya sudah terjamin. Volume air yang dipakai minimal setinggi ukuran panjang kura-kura yang dipelihara. Sebelum dituangkan ke media pemeliharaan, air perlu didiamkan selama 24 jam agar kotoran-kotorannya mengendap.
  • Sinar ultraviolet yang terkandung di dalam cahaya matahari sangat dibutuhkan oleh kura-kura untuk mendukung pertumbuhannya. Oleh karena itu, apabila kandang terletak di dalam ruangan, usahakan Anda melengkapinya dengan lampu UV artifisial.

Dalam sehari, lampu ini perlu dinyalakan selama 10-12 jam saat cuaca cerah dan 12-14 jam ketika sedang mendung.

3. Pakan yang Baik

Berilah makanan yang tepat. Anda mungkin mendengar bahwa banyak sekali pilihan makanan untuk kura-kura. Anda dapat mencoba semua jenis makanan bagi kura-kura untuk mengetahui makanan mana yang paling baik, karena kura-kura termasuk hewan yang pilih-pilih dalam hal makanannya.

Pakan yang Baik

  • Kura-kura darat: sebagian besar kura-kura ini adalah herbivora dan gemar mengonsumsi sebagian besar dedaunan hijau.

Rumput adalah makanan yang paling disukainya, juga kubis/selada romain, brokoli, apel, dan persik.

*Cukup berikan buah-buahan 1-2 kali dalam sebulan kerana kandungan gulanya tinggi.

pakan kura kura
kaskus.id
  • Kura-kura air: kura-kura ini lebih bersifat karnivora dibandingkan kura-kura darat dan lebih suka makan udang, udang karang, belalang, siput, dll.

Cacing tanah dan mealworm, serta serangga berbuku dan jangkrik adalah camilan yang disukai kura-kura air. Sedikit sayuran berdaun hijau dan buah-buahan juga bisa diberikan untuk melengkapi nutrisinya.

  • Potong makanan menjadi bagian kecil; Usahakan untuk memotong makanan bagi kura-kura menjadi potongan kecil terlebih dahulu agar tidak menyulitkan kura-kura saat menyantap makanannya.
  • Perhatikan bahwa kura-kura tidak perlu diberi makan setiap hari. Berikan makanan kepada kura-kura 3 hingga 4 hari sekali, kecuali jika kura-kura tersebut merupakan spesies khusus

4. Perawatan sehari-hari

 Perawatan sehari-hari

  • Periksa tanda-tanda masalah kesehatan pada kura-kura anda dan bawalah ke dokter jika perlu. Ada berbagai macam jenis penyakit yang dapat menjangkiti kura-kura Anda.
  • Seperti Infeksi mata, Pelunakan tempurung, Hilangnya nafsu makan, Lemah, mengi, lesu dan memegang kepala pada sudut yang tidak biasa, Luka fisik.
  • Bawa kura-kura Anda keluar sesekali untuk mendapatkan sinar matahari langsung. Pastikan Anda tidak terlalu lama menjemur kura-kura Anda dibawah sinar matahari untuk mencegah panas berlebih.
  • Bermain dengan kura-kura Anda. Karena ini adalah hewan peliharaan Anda, maka Anda harus membangun ikatan hubungan yang kuat diantara Anda dan kura-kura Anda.

Sebagai pemula jauh lebih baik jika Anda hanya memelihara satu ekor kura-kura terlebih dahulu hingga Anda benar benar yakin dan mampu untuk memelihara lebih dari satu ekor.

Itulah tips dan cara memelihara kura-kura dari kami. Semoga dapat membnatu anda dalam memelihara kura-kura anda.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: