Press "Enter" to skip to content

Tips Budidaya Ikan Air Tawar Di Lahan Sempit Yang Bisa Anda Coba

Budidaya ikan air tawar dilahan yang sempit sangat cocok untuk anda apabila ingin membudidayakan ikan namun terkendala oleh masalah lahan. Sebelumnya harus anda ketahui terlebih dahulu apa saja ikan yang bisa anda budidayakan dilahan yang sempit, sehingga anda tidak salah dalam memilih jenis ikan nantinya. Untuk jenis ikan air tawar yang bisa anda budidayakan yakni ada ikan lele, ikan nila, ikan gurame, ikan patin, dan masih banyak lagi. Dari jenis ikan air tawar tersebut salah satunya ada ikan air tawar yang sangat cocok untuk di budidayakan dilahan yang sempit. Apabila anda ingin membudidayakan ikan air tawar di lahan yang sempit maka  kolam terpal adalah salah satu cara tepat yang bisa anda lakukan. Namun memang ada beberapa tips untuk memelihara ikan air tawar dilahan yang sempit.

Pemilihan bibit ikan

Sebelum anda terjun ke dunia budidaya ikan maka memang ada jenis ikan yang ingin anda pilih untuk di budidayakan. Anda harus bisa memilih bibit ikan air tawar dengan bibit yang bagus, jika anda seorang pemula maka ada baiknya apabila anda banyak bertanya terlebih dulu demi keberlangsungan bisnis budidaya ikan anda

Pembuatan kolam terpal

Untuk anda yang memiliki lahan sempit, pembuatan kolam terpal menjadi salah satu langkah yang juga tepat untuk dicoba. Anda bisa membuat beberapa kolam terpal yang bisa anda sesuaikan dengan lahan yang anda miliki

Kebersihan kolam terpal

Untuk membudidayakan ikan agar berhasil anda juga harus selalu memperhatikan kebersihan kolam yang anda miliki, agar ikan anda juga dapat tumbuh dengan baik didalamnya. Ada baiknya anda juga sudah menentukan tanggal rutin untuk mengganti air di kolam terpal yang anda miliki. Anda juga harus menyediakan pengairan yang baik agar ikan anda juga tidak stres berada didalamnya,karena air yang kotor juga akan mempengaruhi kualitas ikan tertentu yang tidak bisa berada di air yang demikian.

Pemberian pakan

Pemberian pakan budidaya ikan air tawar di lahan yang sempit juga merupakan salah satu hal yang sangat penting, karena tumbuh kembang ikan anda akan diawali dari bagaimana cara anda untuk bisa memberikan akan dengan baik.  Sebelumnya anda harus bisa mengenali jenis ikanya terlebih dahulu, karena ikan juga membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Sehingga anda jangan asal sembarangan kasih pakan, seperti salah satu contohnya yakni ikan gurame yang menjadi herbivora pada saat ia tumbuh besar, jadi anda hanya perlu untuk memberikan sayuran saja.

Waktu panen

Untuk ikan air tawar memiliki rentang waktu panen yang berbeda-beda antara jenis ikan satu dengan ikan yang lainya. Anda juga harus paham mengenai waktu panen dari ikan yang akan anda budidayakan, seperti contohnya ikan gurame yang memiliki rentang waktu panen sekitar 6 bulanan dari masa pembibitan. Dan untuk masa panen ikan yang lainya haru amda ketahui terlebih dulu, sehingga anda tidak akan kesusahan ataupun gagal dalam membudidayakan ikan.

Itulah kiranya tips budidaya ikan air tawar di lahan yang sempit yang harus anda kenali terlebih dulu. memang sangat diharuskan untuk anda yang ingin terjun kedalam dunia bisnis pembudidayaan ikan harus benar-benar memahami jenis ikan yang akan anda budidayakan, sehingga anda bissa dengan baik mengetahui bagaimana cara pembudidayaanya yang tepat agar tidak salah dan gagal panen.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: