Press "Enter" to skip to content

Jenis-jenis kucing dan sejarahnya

Jenis-jenis kucing banyak sekali di dunia ini. Dalam kehidupan manusia sendiri, kucing sudah berbaur dengan kehidupan manusia kurang lebih 6000 tahun SM (sebelum masehi) yang terbukti dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Di negara Mesir kuno, orang-orang di sana telah menggunakan kucing untuk menjauhkan dari tikus atau hewan penggerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Kucing saat ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer di dunia. Terlebih bagi kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing Trah atau galur murni (pure breed), seperti kucing Persia, Siam, Manx, Spinx. Kucing-kucing tersebut biasanya dikembangbiakkan ditempat layaknya pemeliharaan hewan resmi. Untuk kucing ras jumlahnya hanya memiliki 1 % dari seluruh kucing yang ada di dunia. Selebihnya/sisanya hanyalah kucing keturunan campuran, seperti yang kita ketahui, kucing liar dan kucing kampung.

Beberapa prilaku kucing

kucing lucu

Kucing saat dalam keadaan nyaman, ia akan mendengkur, terbukti bila Anda mengusap pada bagian leher kucing. Saat kucing mendenkur, hal itu menunjukkan bahwa ia merasa senang dan bahagia. Kucing sendiri merupakan hewan satu-satunya yang dapat mengeluarkan dengkuran. Biasanya ketika kucing mendengkur hal itu menandakan kepuasan hati si kucing. Namun ternyata ada beberapa sebab lain yang membuat kucing mendengkur. Bisa jadi karena saat dia sakit atau akan mati. Hal tersebut dilakukan untuk membuatnya terasa nyaman dan tidak stres. Selain itu juga kucing mendengkur ketika akan melahirkan dan anak-anaknya mendengkur saat menyusui.

Memijat merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh kucing. Kucing akan memijat dengan cara menekan menggunakan telapak tangan secara bergantian dari kanan dan kiri. Ada juga yang memijat dengan cara mengeluarkan cakarnya. Biasanya saat memijat, kucing akan mengeluarkan suara dengkuran. Animal facts Blog.

Jika Anda pernah melihat anak kucing memijat perut induknya, hal itu dilakukan untuk membuat aliran susu sang induk menjadi lancar. Dan jika kucing memijat kepada pemiliknya, hal itu menandakan bahwa kucing sudah merasa aman dan nyaman. Hal itu juga sebagai tanda bahwa yang dipijat kucing adalah pemiliknya.

10 Jenis-jenis kucing

perilaku kucing

1. Manx cat

Kucing ini berasal dari pulau Manx. Kucing ini disebut Rumpy oleh sebagian orang. Kucing Manx memiliki ekor yang pendek dan warna dari bulunya berwarna cokelat dan lavender. Sifat yang dimiliki kucing Manx setia, ramah dan pintar.

2. Persia

Ras kcuing persia yang merupakan kucing yang paling populer di dunia, asal mula kucing berasal dari persia yang pada detik ini disebut dengan negara iran. Untuk kucing persia saat ini lebih dikembangkan di negara inggris dan Amerika yang pada realitasnya sudah menjadi Distributor terbesar sebagai penghasil ras Persia.

Untuk bentuk fisik persia sendiri umumnya memiliki hidung yang pesek dan muka bulat. Ciri fisik lainnya, bagian tubuhnya bulat pendek dan ukuran kakinya pendek serta pada bagian rambut panjang dan juga halus. Makanan untuk jenis kucing ini cocok mengkonsumsi makanan kering dan basah yang umumnya dijual di toko hewan.

3. Russian Blue

Kucing Russian Blue berasal dari sebuah pelabuhan arkhangelsk di Russia. Jenis kucing memiliki rambut yang pendek dengan warna bulu abu-abu kebiruan dan mempunyai mata hijau yang cukup menarik jika anda secara langsung melihatnya.

Kucing Russian Blue terbilang bisa di sejajarkan dengan kelompok kucing yang cerdas di dunia. Karena karakteristik kucin ini memang cukup menarik, selain cerdas, ternyata kucing ini mempunyai sifat yang sangat erat dengan pemiliknya. Namun kucing ini sedikit pemalu bila dengan orang asing.

4. Siammese

Jenis kucing siam merupakan kucing oriental. Kucing siam berasal dari negara Thailand. Jenis ini cukup populer di dunia, banyak kalangan pecinta kucing ingin memelihara jenis kucing Siam.

Kucing ini awalnya dikenal saat kemunculan pertama di Eropa, yang waktu itu diberikan pada duta besar inggris di Thailand pada abad 18. Kucing Siamese memiliki fisik dengan tubuh yang ramping, ekor panjang dan mata berwarna biru. Pola warnanya identik dengan colour point yang menggambarkan khas dari kucing tersebut. Untuk berat badan kucing jantang umumnya mencapai 4-7 kg sedangkan untuk kucing Siamese paling besar mencapai 5 kg.

Apakah Anda tertarik untuk memelihara beberapa jenis-jenis kucing yang sudah dijabarkan diatas. Perlu diketahui, bahwa kucing-kucing tersebut memiliki harga tinggi untuk dimiliki.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: