Press "Enter" to skip to content

Pengertian Fiber Optik, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Bagi sebagian orang istilah fiber optik mungkin masih terasa asing. Kabel fiber optik ini sedang banyak digunakan khususnya dalam bidang teknologi komunikasi, misalnya oleh para penyedia jasa layanan telekomunikasi dan internet. Pengertian fiber optik ini adalah jenis kabel yang dipakai dalam media transmisi, yang bahannya terbuat dari kaca/plastik berbahan halus.

Fiber optik ini lebih sering dipakai untuk media transmisi karena jenis kabel yang satu ini memang bisa mentransmisikan sinyal cahaya dari lokasi yang satu ke lokasi lainnya dengan kecepatan tinggi.

Ukurannya juga sangat kecil dan halus, bahkan masih lebih kecil lagi dari sehelai rambut. Kecepatan transmisi yang tinggi juga terdapat di dalam komponennya, jika menggunakan bias cahaya.

Pengertian Fiber Optik

Fiber optik ini merupakan sejenis kabel yang memiliki kemampuan dalam mentransmisikan cahaya sinyal dari satu lokasi ke lokasi/tempat yang lainnya. Sumber cahaya yang dihasilkan pada fiber optik ini merupakan jenis sinar LED atau laser.

Ada banyak keuntungan dari penggunaan fiber optik ini, seperti misalnya tidak berpengaruh pada gangguan, memiliki ketinggian bandwidth, jenis kabelnya lebih ringan dan juga lebih tipis serta mampu mentransmisikan data yang bentuknya digital.

Ukuran kabel ini memang sangat kecil yaitu sekitar 120 mikrometer saja. Selain itu, teksturnya pun sangat halus. Kabel yang dibuat dari bahan plastik/kaca memang jauh lebih mudah melakukan transmisi cahaya dengan lebih cepat, dibandingkan dengan jenis kabel berbahan tembaga yang umum digunakan.

Karena mulai sering digunakan, maka kabel fiber optik ini telah memiliki peran penting dalam bidang telekomunikasi. Kabel fiber optik juga diperkirakan akan menjadi pengganti kabel tembaga dalam hal mentransmisikan data di bidang telekomunikasi tersebut.

Jenis Kabel Fiber Optik

jenis fiber optik
solofiber.co.id

Berdasarkan transmisinya, fiber optik ini dibagi kembali menjadi dua macam, diantaranya yaitu :

  • Fiber Optik Single Mode

Jaringan kabel yang memiliki transmisi tunggal, yang mampu menyebarkan cahayanya di satu waktu melalui satu inti saja, disebut dengan kabel single mode. Ukuran pada single mode ini juga sangat kecil, dengan ukuran kira-kira 9 mikrometer.

Biasanya jenis fiber optik ini dipakai untuk mentransmisikan gelombang inframerah yang ukuran panjangnya sekitar 1300-1550 nanometer.

  • Fiber Optik Multimode

Jenis kabel yang mampu mentransmisikan cahaya dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang bersamaan, dengan ukuran inti yang besar dan diameter sekitar 625 mikrometer disebut dengan multimode.

Jenis kabel ini banyak dipakai untuk kebutuhan komersial yang memang banyak orang yang mengaksesnya.

Panjang fiber optik dalam mengirim infra merah adalah sekitar 850-1300 nanometer saja.

Fungsi Kabel Fiber Optik

fungsi fiber optik
dosenit.com

Pada dasarnya fungsi dari kabel ini sama saja dengan jenis kabel yang lainnya, yang dimana fungsinya adalah untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya di dalam jaringan yang sama.

Kemampuan masing-masing kabel, dalam memberi kecepatan tinggi saat kabel sedang mengakses dan mentransfer data, menjadi perbedaan antara fiber optik dan jenis kabel lainnya.

Proses instalasi yang dilakukan oleh para ahlinya, membutuhkan biaya yang terbilang mahal. Maka dari itu, banyak perusahaan telekomunikasi yang memilih untuk menggunakan kabel fiber optik ini karena memang keuntungannya lebih banyak dibanding jenis kabel yang lainnya.

Ukuran data yang kecil juga menjadi salah satu keuntungan karena lebih praktis dan efisien.

Walaupun memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam melakukan proses instalasi, tetapi dengan kualitas jaringan yang baik yang cepat dan awet maka kegiatan komersial apapun bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Pengertian fiber optik ini juga mengarah pada keunggulan dari kabel itu sendiri, sehingga banyak digunakan di dunia instalasi komunikasi.

Terima kasih sudah menyimak pembahasan mengenai fiber optik. Bila ingin membaca pembahasan lebih luas seputar teknologi silahkan baca di tisucoding.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: