Press "Enter" to skip to content

Perang Islam Terbesar Menurut Sejarah

Islam berkembang dan menyebar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu berabad-abad. Sejarah panjang dari agama Islam ini tidak terlepas dari sejarah perang yang pernah terjadi sejak zaman Rasulullah. Perang Islam terbesar pun tercatat dalam sejarah seperti beberapa perang berikut.

Perang Terbesar dalam Sejarah Islam

1. Perang badar

Perang badar terjadi di perbatasan antara Mekah dan Madinah. Pasukan muslim sebanyak 300 orang berhasil mengalahkan bala tentara quraisy yang berjumlah 1000 pasukan. Kisah dari perang badar ini pun tercantum dalam Al-Quran.

Menurut kisah dan sejarah Islam, pasukan Quraisy melawan dengan kekuatan yang jauh lebih besar dari pasukan muslim. Namun atas izin Allah, pasukan muslim memenangkan perang badar.

2. Perang Uhud

Perang Islam terbesar yang tercatat dalam sejarah selanjutnya adalah perang uhud. Perang ini merupakan balas dendam kaum kafir atas kekalahannya di perang badar. Mereka menyiapkan pasukan untuk melawan tentara muslim.

Sesuai namanya, perang ini terjadi di gunung uhud. Menurut cerita sejarah, perang uhud hampir dimenangkan oleh kaum muslim. Namun karena kesombongan, Allah menegur pasukan muslim dengan sebuah kekalahan. Perang dimenangkan oleh kaum kafir.

3. Perang mu’tah

perang mutah
sejarah perang mu’tah | senyumislam.com

Perang ini terjadi antara kaum muslim dengan tentara Romawi. Penyebab atau latar belakang dari perang mutah adalah dibunuhnya utusan muslim yang datang ke Romawi. Setelah seorang utusannya dibunuh, Rasulullah tetap bersabar.

Kemudian Nabi Muhammad kembali mengirim utusan ke Syam, namun kembali dibunuh oleh tentara Romawi. 15 utusan dari Rasulullah tercatat dibunuh di tanah Syam. Hal tersebut membuat Rasulullah kemudian memutuskan untuk mengirim pasukan ke bushra, Romawi.

Perang Islam terbesar ini membuat banyak pasukan muslim gugur di medan perang. Lebih dari tiga ribu tentara muslim diberangkatkan untuk perang dengan dipimpin Zaid ibn Haritsah. Pemimpin pasukan muslim tersebut sayangnya gugur dalam perang melawan 200 ribu tentara Romawi.

Pimpinan perang pun digantikan oleh Jafat Bin Abu Talib yang kemudian juga gugur dan diganti Khalid Bid Walid. Dalam kepemimpinan Khalid, pasukan muslim menggunakan strategi agar bisa mengalahkan musuh yang jumlahnya tidak sebanding dan sangat banyak.

4. Perang ahzab

Dalam sejarah umat muslim, Perang Ahzab merupakan perlawanan umat muslim terhadap kaum Yahudi. Kaum Yahudi dikenal sebagai golongan yang begitu membenci Islam dan ingin menghilangkan Islam dari muka bumi. Tidak hanya dari kaumnya saja, Yahudi juga melakukan provokasi membenci Islam kepada suku atau kaum lain.

Ribuan orang dihasut dan diberi pandangan mengenai Islam yang buruk. Hal tersebut memicu peperangan dengan umat muslim dan salah satunya adalah Perang Ahzab. Namun kemenangan berhasil direbut oleh pasukan muslim yang mengalahkan Yahudi dengan penggalian parit.

5. Perang tabuk

Perang yang terjadi dalam sejarah kebanyakan merupakan perang untuk balas dendam atas kekalahan. Perang Islam terbesar ini menjadi balas dendam Romawi yang ingin mengalahkan pasukan Rasulullah. Kabar bahwa tentara Romawi menyiapkan pasukan besar untuk mengalahkan kaum muslim sampai ke nabi.

Nabi Muhammad memutuskan untuk mencari perlindungan dengan membawa kaum muslim pergi ke Tabuk. Pada saat itu tempat atau wilayah pasukan muslim sedang dilanda kemarau sehingga Rasulullah memilih untuk mempersiapkan perlindungan.

Hanya ada 30 ribu orang yang mau bergabung sehingga perang pun gagal terjadi.
Itulah beberapa perang Islam terbesar yang ada dalam sejarah Islam. Kemenangan pasukan muslim dilakukan melalui niat untuk berjihad, banyak tentara muslim yang berani ikut dan gugur dalam medan perang.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: