Press "Enter" to skip to content

5 Hal Unik Rumah Adat Betawi yang Perlu Kamu Tahu!

Saat kita ke Jakarta, kita akan menemui banyak rumah dengan desain-desain yang sangat indah. Banyak generasi sekarang yang tidak mengerti bagaimana rumah adat Betawii itu. Sekarang itu musimnya anak zaman now dengan tantangan terlupannya sejarah.

Kini perkembangan teknologi menjadi sesuatu yang berdampak siginifikan. Generasi muda banyak yang belum paham akan asal-usul adat di Jakarta. Kita sebagai generasi muda sangat penting mengetahui sejarah dan nilai luhur bangsa kita. Ada beberapa hal unik di balik rumah adat Betawi yang perlu kamu tahu yaitu sebagai berikut:

1. Fungsi Rumah Kebaya

Fungsi Rumah Kebaya

Rumah Kebaya ialah rumah adat bagi suku betawi yang pembagian fungsinya tidak berbeda dengan fungsi rumah pada biasanya. Ada beberapa ruangan yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

  • Paseban

Paseban ialah kamar tamu untuk tidur tamu yang datang. Tamu tersebut bisa berasal dari kalangan saudara. Apabila tidak ada tamu yang dating maka bisa digunakan sebagai tempat shalat.

  • Teras

Teras depan biasanya ditambahkan dengan kursi kayu jati. Kursi kayu jati ini dipakai sebagai tempat duduk tamu. Gejogan atau nama lain dari lantai teras biasanya sengaja dibersihkan untuk menghormati tamu yang datang.

  • Ruangan

Ruangan tempat tidur dibuat dengan empat ruangan. Tentunya Sang Pemilik rumah bisa tidur di tempat yang paling besar. Pangkeng biasanya digunakan sebagai ruangan berkumpul keluarga dalam melepas penat saat malam hari.

2. Nilai Filosofis

Nilai Filosofis Rumah Adat Betawi

Rumah adat Betawi juga terkandung nilai filosofis, karena dinamakan sebagai Kebaya yang konstruksinya mirip kebaya. Apabila dilihat dari samping, maka bangungan akan mirip seperti lipatan rok kebaya. Kebaya juga merupakan kain tradisional yang digunakan untuk upacara dan acara adat.

pendopo bisa digunakan untuk menerima tamu. Biasanya pendopo ini dilengkapi dengan kursi. Betawi juga menghargai perbedaan etnis. Rumah Kebaya dilengkapi pagar teras. Sehingga yang tidak ada terasnya akan dianggap negatif.
Banyak sekali pengaruh luar terhadap budaya lokal. Orang betawi susah meninggalkan budaya buruk.

3. Rumah Gudang

Rumah Gudang

Betawi juga memiliki rumah gudang yang masih asli dari budaya luar. Rumah Gudang bentuknya persegi panjang yang ukurannya bervariatif. Atap dari rumah gudang bentuknya seperti pelana kuda, karena ukurannya sangat kecil sehingga posisinya melandai.

Fungsi atap biasanya agar terhindar dari panas matahari dan air hujan. bagian belakang dan bagian tengah didesain menjadi satu. Bagian depan dipakai untuk tempat tamu sedangan bagian tengah adalah kumpul keluarga, ruang makan, kamar dan lain-lain.

4. Rumah Joglo

Rumah Joglo Betawi

Adat Betawi juga memiliki rumah yang dinamakan Joglo. Rumah Joglo bentuknya rumah diinspirasi oleh rumah untuk suku jawa. Rumah ini desainya memang sangat mirip dengan rumah Joglo bagi asyarakat Jawa, khususnya jika dilihat dari atapnya.

5. Rumah Panggung

Rumah Panggung Betawi

Rumah adat suku betawi juga memiliki rumah panggung. Rumah panggung ini biasanya dibangun orang betawi yang tinggalnya di daerah pesisir pantai. Mereka adalah para nelayan yang karena tuntutan alam rumah ini akan melindungi air ombak laut masuk ke dalam.

Material penyusun rumah ini dibuat dari bamboo dengan tinggi 1,5 – 1 m dari dasar tanah. Rumah ditopang tiang yang panjang dan lebar pun dibuat dari bangunan.

Rumah panggung dilengkapi dengan balaksuji atau tangga untuk naik ke dalam rumah. Anak tangga dibuat sesuai dengan tinggi rumah. Pada bagian bawah dilengkapi dengan area resapan air ombak yang mulai menggenang.
Banyak informasi mengenai rumah adat betawi, nilai informasinya dapat kita pelajari.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: