Press "Enter" to skip to content

Tempat Wisata di Banjarmasin yang Ikonik

Setelah puas menjelajah beragam destinasi wisata alam dan sejarah, kini kamu bisa mengunjungi wisata ikonik di Banjarmasin. Sangat disayangkan jika kamu belum sempat mengunjungi tempat ikonik saat liburan ke Banjarmasin.

Pasalnya, momen liburan bisa mengantarkanmu melihat keunikan tempat yang melambangkan suasana Kota Banjarmasin. Apa sajakah tempatnya? Berikut kami sajikan artikel menarik agar kamu tidak repot.

1. Taman Maskot Banjarmasin

Taman ini sangat terkenal menyimpan banyak keunikan. Poin utamanya adalah adanya patung bekantan raksasa setinggi manusia yang merupakan maskot Kota Banjarmasin. Tak hanya itu, patung pohon kasturi yang digelantungi monyet-monyet juga menjadi maskot kedua.

Selain patung di pintu masuk yang mencuri perhatian ini, Taman Maskot mempunyai aneka koleksi tanaman, meliputi lidah buaya, mangga, kasturi, kelapa sawit, kaktus, beringin, dan tanaman lain yang ditanam di dalam pot.

2. Jembatan Barito

Jembatan Barito adalah salah satu tempat ikonik yang sangat identik dengan Kota Banjarmasin. Panjang jembatan ini kurang lebih 1 km yang menghubungkan sisi timur dan barat Sungai Barito. Keindahan menikmati pemandangan sungai dari atas jembatan ini sangat memukau, terutama saat senja. Pengalaman ini tak akan terlupakan. Kamu bisa mengabadikan momen spesial ini.

3. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan merupakan pasar yang sangat khas di daerah Banjarmasin. Pasar ini buka pukul 05.00-09.00 WITA. Pasar ini memang cukup unik karena transaksinya dilakukan dengan pedagang yang menjajakan dagangannya di atas perahu. Sejak dulu, pasar terapung ini sangat ramai karena memang sangat lengkap.

4. Pasar Terapung Kuin

Masih soal pasar terapung, wisata unik selanjutnya adalah Pasar Terapung Kuin yang sangat menarik minat banyak wisatawan. Pasar yang terletak di muara Sungai Kuin (anak Sungai Barito) ini bisa dikunjungi dengan perahu kelotok yang bisa disewa.

Kamu bisa belanja aneka kebutuhan pokok dengan harga murah di sini. Pengalaman belanja di atas perahu ini tentu tidak akan terlupakan. Kamu bisa mengabadikan momen ini sebagai potret berkesan. Keindahan Sungai Kuin bisa menjadi latar foto yang memukau.

5. Pendulangan Intan

Pendulangan intan ini terletak di Desa Pumpung. Lokasi penambangan intan ini sangat terkenal dengan hasilnya yang melimpah. Kamu bisa melihat aktivitas para pendulang intan di sini. Kamu pun bisa mencobanya jika ingin merasakan pengalaman serunya.

Di lokasi ini, terdapat pula industri rumah tangga yang bekerja membuat intan mentah menjadi batu permata cantik. Jika ditempuh dari Kota Martapura, kamu membutuhkan waktu kurang lebih selama 30 menit agar sampai ke pendulangan intan.

6. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan ini sangat terkenal sebagai penghasil produk berbahan dasar kain batik. Kamu dapat berbelanja sepuasnya di sentra produksi kain sasirangan. Di sini, kamu bisa melihat bagaimana proses produksi kain batik sasirangan dan pembuatan aneka benda yang bernilai ekonomis.

Kampung ini memproduksi aneka macam benda yang berbalut kain batik sasirangan, di antaranya adalah pakaian, selendang, sprei, dompet, dan tas. Kamu bisa berbelanja aneka benda tersebut sebagai buah tangan khas Banjarmasin yang tentunya juga bernilai guna.

Banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Banjarmasin. Pesona kota ini tidak lekang oleh waktu. Banyak kisah dan pembelajaran bisa dipetik dari kunjungan ke Banjarmasin. Kamu bisa melepas penat, mengabadikan momen santai, dan juga mengenal tempat baru yang eksotis. Kisah sejarah dan ikon Kota Banjarmasin juga memberimu banyak pelajaran.

Jadi, kapan kamu ke Banjarmasin?

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: