Press "Enter" to skip to content

Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Tanpa Banyak Menyita Waktu

Dunia perkuliahan sangatlah berbeda dengan sekolah menengah. Saat masih SMA mungkin permasalahan uang saku bukanlah persoalan besar karena kita dapat mengandalkan pemberian orang tua. Namun, sebagai seorang mahasiswa itu merupakan masalah besar. Kebutuhan yang semakin banyak menuntut mahasiswa untuk kreatif agar dapat mandiri dan memiliki penghasilan sendiri.

Usaha sampingan mahasiswa merupakan cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Mahasiswa harus jeli melihat peluang yang ada, berani mencoba hal baru, dan berani mengambil resiko untuk memulai berbisnis sambil kuliah. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha bagi mahasiswa, tinggal bagaimana mahasiswa tersebut berani dan tekun menjalaninya.

Selain menambah uang saku, usaha sampingan mahasiswa dapat menjadi bekal pengalaman untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi besok. Namun, dengan bekal tersebut, mahasiswa tidak akan khawatir mencari pekerjaan. Jika memang tidak mendapat pekerjaan yang diinginkan dan sesuai bidang studinya, dia bisa mengembangkan usaha yang sudah ia mulai saat kuliah. Berikut beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan mahasiswa:

Usaha Online Shop

Usaha sampingan mahasiswa yang menjanjikan dan tergolong mudah ialah online shop. Mahasiswa dapat menjual berbagai barang kosmetik, pakaian, pernak-pernik, sepatu, dan juga tas. Bagaimana dengan modalnya? Kalian tidak harus memiliki barang-barang itu sendiri, kamu bisa menjualkan barang dari orang lain.

Menjadi dropshipper, atau orang yang menjual barang langsung dari penjual ke pembeli, sangat besar peluangnya. Di sosial media, banyak online shop yang menawarkan lowongan dropshipper. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal, hanya perlu mempromosikan barang-barang di sosial media.

Usaha Jasa Printing

Mahasiswa tidak bisa terlepas dari tuntutan tugas dan laporan dalam bentuk hard file, sehingga usaha jasa printing benar-benar menjanjikan. Kebanyakan mahasiswa tidak memiliki alat cetak atau printer sendiri, sehingga cenderung membutuhkan jasa printing.

Usaha jasa printing dapat dibuka di tempat tinggal, kos, atau kontrakan kalian, tidak hanya mahasiswa, banyak orang umum yang juga membutuhkan jasa ini. Dengan modal satu laptop/komputer dan satu printer, kamu bisa merintis bisnis yang bahkan dapat dikembangkan menjadi bisnis percetakan yang lebih besar setelah lulus nanti.

Usaha Jasa Les Privat

Usaha sampingan mahasiswa berikutnya ialah jasa les privat yaitu memberikan pelajaran tambahan secara privat kepada siswa SD, SMP, hingga SMA, tergantung kemampuan dan keterampilan mahasiswa. Namun jangan khawatir kamu bisa mengajar sambil belajar kembali pelajaran yang pernah didapat saat masih sekolah.

Kemudian, bagaimana caranya untuk mendapatkan murid? Tak perlu khawatir, saat ini banyak lembaga bimbingan belajar yang membuka lowongan bagi mahasiswa sebagai guru les. Untuk awala kalian dapat mempromosikan diri kepada kerabat dan masyarakat sekitar. Dengan hanya bermodal alat transportasi dan ilmu yang kalian miliki, bisa menjadi usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan.

Usaha Jasa Penerjemah

Jika kamu jago berbahasa asing, kemampuan itu bisa menjadi modal untuk usaha sampingan kalian sebagai mahasiswa. Yakni memanfaatkannya dengan menjadi penerjemah. Selain dapat mengasah keterampilan kalian dalam berbahasa asing, juga menambah uang saku bulanan.

Anak-anak dari jurusan bahasa seperti bahasa inggris (Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah), bahasa jepang, bahasa mandarin, dan bahasa arab, sangat berpeluang besar memulai usaha ini. Kalian dapat menawarkan jasa penerjemahan kepada anak-anak dari jurusan lain yang memiliki kesulitan menerjemahkan bahasa asing, serta orang umum yang membutuhkan jasa tersebut.

Usaha Ojek Online

Jasa ojek online semakin menjamur beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut tentu dapat menjadi peluang usaha yang bagus bagi mahasiswa. Jadwal perkuliahan yang tidak terlalu padat membuat mahasiswa memiliki banyak waktu luang. Nah, kalian dapat memanfaatkannya dengan menjadi supir ojek online. Mengisi waktu luang sekaligus menghasilkan uang.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: